Menulislah, Sebagai Pertanda Kau Pernah Ada...

20 April 2014

Karimun Wagon R : Lebih dari Sekedar Kata Cukup

foto by pekanbaru.co

"Hanya dua merek yang bisa menjual dengan harga di bawah Rp 100 juta, Daihatsu Ayla dan Suzuki Karimun Wagon R"

Vincent Cobee, Head of Datsun Corporate Vice President
Dikutip dari Kompas.com (Rabu, 5 Februari 2014)

Jika ada ungkapan, saat musuhmu mengakui kehebatanmu, itu artinya kamu adalah pemenangnya, inilah yang tepat menggambarkan Suzuki Karimun Wagon R. Mobil yang bersaing di segmen Low Cost Green Car atau LCGC, alias mobil murah namun tidak murahan ini telah diakui pasar, bahkan pesaingnya sekalipun.


Karimun Wagon R memang menjadi primadona, khususnya bagi keluarga muda di Indonesia. Generasi lanjutan Karimun ini berhasil mencuri perhatian masyarakat yang mendambakan Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dengan Harga Terjangkau.

Tapi apasih yang menjadikan Karimun Wagon R ini buah bibir, khususnya dikalangan otomania? Selain iklan komersialnya di televisi yang membuat tercengan dengan keleluasaannya mencari parkir, pasti adalagi yang menjadikan mobil ini begitu unggul dari teman-temannya yang lain.

Mengapa Karimun Wagon R?

Namun sebelum membahas lebih jauh tentang Kelebihan Karimun Wagon R, saya ingin menceritakan pengalaman teman saya dengan Karimun Wagon R. Saat memilih, mengganti dan mengendarai mobil mungil ini.

Sebut saja namanya Ayub (Vidayub Ahmad). Pada 2005 silam dia menikah dengan pujaan hatinya. Dari  orang tuanya, mereka dihadiai sebuah mobil mungil berwarna hitam. Mobil Suzuki Karimun, keluaran tahun 2000.

Singkat cerita, setelah sekian lama, Karimun ini mereka pakai, tak sekalipun ada niat untuk mengganti. Padahal buah hati dari hasil pernikahannya telah cukup dua, namun mobil itu-itu saja. Hingga akhirnya suatu hari, tepatnya akhir tahun 2013, saat Karimun Wagon R ini diperkenalkan di Makassar, dia berniat ganti mobil.

Saat saya tanya alasannya mengganti dengan Karimun Wagon R, Ayub hanya menjawab singkat, Karimun sudah terbukti ketangguhannya. Jadi menurut dia, tak diragukan lagi saat ada tipe terbaru Karimun, kualitasnya akan sama, bahkan jauh lebih baik.

Alasan lain Ayub ingin menganti mobil dengan jenis yang sama karena Karimun lama miliknya masih ditawari harga yang tinggi walau usianya telah lama.

Karimun milik Ayub yang keluaran tahun 2000, saat itu laku terjual Rp69 juta, pembelinya adalah seorang pengusaha lokal di sebuah pulau di Sulawesi Selatan. Sementara harga Karimun Wagon R di Makassar saat itu hanya Rp88,3 juta untuk tipe GA. Namun Ayub membeli tipe GX yang saat itu harganya Rp111,6 juta. Sisa menambahkan Rp23,3 juta.

Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R


Setelah melihat Ayub mengganti mobilnya, saya jadi penasaran akan Kelebihan Karimun Wagon R. Akhirnya browsing kesana kemari di internet, tak ketinggalan untuk bertanya langsung dengan dealer resminya di Makassar. Kebetulan, Marketing Manajer PT Megahputra Sejahtera Makassar, Aji M Said adalah teman sekaligus kolega.

Dikutip dari suzuki.co.id, Karimun Wagon R sengaja dibuat dengan menggabungkan unsur SUPER (Spacious, Useful, Practical, Efficient dan Reasonable).

Spacious karena bisa memuat lima penumpang sekaligus, Useful lantaran bodynya yang kompak dan tangguh saat melewati jalan sempit dan mencari parkiran, Practical karena interior yang memikat dengan bagasi besar, Efficient dengan mesin generasi terbaru yaitu K10B berkapasitas 998cc serta Reasonable karena fiturnya yang lebih dari cukup.

Kesimpulan dari kelebihan Suzuki Karimun Wagon R ini dapat dilihat dari 7 item berikut. Kesimpulan ini lahir setelah mengendarai Karimun Wagon R milik Ayub dan beberapa referensi dari autonetmagz.com. Tentu bukan hanya 7 kelebihan Karimun Wagon R, tapi inilah yang saya rasakan sendiri.

  1. Ruang yang Leluasa : Suzuki Karimun Wagon R berbeda dengan mobil LCGC lainnya yang cenderung menggunakan platform hatchback low profile, Suzuki Karimun Wagon R justru menghadirkan sebuah city car yang berbentuk boxy memanjang keatas seperti layaknya mobil Kei Car yang populer di Jepang. Sehingga panjang mobil lebih tereduksi dan interior mobil pun jadi lebih lega karena konfigurasi duduk yang cenderung vertikal dibandingkan horizontal. Dengan posisi tersebut, otomatis kabin lebih lega dan leluasa tanpa harus mentok di bagian headroom dan legroom.
  2. Bodi Lebih Tebal : Jika mobil murah identik dengan mobil ber-plat mobil tipis yang sangat ringkih jika terjadi kecelakaan, mungkin tidak akan terjadi dengan Suzuki, karena Suzuki selalu menggunakan plat bodi yang lebih tebal dibandingkan dengan kompetitor untuk memperkuat struktur bodi.  
  3. Mesin Terbaru : Untuk mengurangi bobot kendaraan, Suzuki menggunakan mesin K10B engine yang terbuat dari bahan alumunium. Mesin ini juga sudah teruji pada Suzuki A-Star / Suzuki Alto dan Nissan Pixo. Mesin 3 silinder yang memiliki teknologi injeksi ini menghasilkan tenaga sebesar 80 Ps dan torsi 90 Nm yang dibuat merata di setiap putaran mesin untuk memaksimalkan ketika mobil dipacu secara stop and go. Emisi gas buangnya juga sangat rendah di angka 109 g/km, hampir mendekati Mitsubishi Mirage yang memiliki emisi gas buang dibawah 100 g/km. 
  4. Punya Penyimpanan Rahasia : Tidak banyak mobil yang memiliki under seat tray atau tempat penyimpanan tambahan di balik kursi pengemudi depan, sebut saja mobil keluarga kelas menengah keatas seperti Mitsubishi Grandis dan Mazda 8 yang memiliki fitur tersebut. Nah Suzuki Karimun Wagon R yang dibanderol dengan harga murah justru memiliki tempat penyimpanan cerdas yang mampu menampung barang bawaan anda lebih rapi. 
  5. Gear Shift Indicator : Suzuki Karimun memiliki fitur unik untuk menekan konsumsi bahan bakar mobil ini, yaitu Gear Shift Indicator yang membantu pengemudi menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengganti gigi agar pengendaraan lebih efisien. Fitur ini kurang lebih sama manfaatnya dengan Eco indicator pada mobil-mobil LCGC lainnya.
  6. Anti Pencurian : Melihat banyaknya kasus pencurian kendaraan bermotor di Indonesia, rasanya fitur key with immobilizer ini menjadi perhatian penting agar menekan angka pencurian kendaraan. Immobilizer adalah teknologi kunci yang memiliki kode elektrikal yang langsung terhubung dengan ECU, sehingga jika anda melakukan duplikasi kunci tanpa chip khusus di dalamnya, maka dapat dipastikan mobil tidak dapat dihidupkan sama sekali kecuali dengan kunci bawaan pabrik. Lebih aman kan?
  7. Audio Canggih : Suzuki Karimun Wagon R memiliki kualitas audio yang diatas rata-rata para kompetitornya, terutama untuk tipe GX yang sudah dibekali dengan head unit double din dengan koneksi USB dan Aux dirasa lebih dari cukup untuk mobil yang dibanderol dengan harga murah.

Dari ketujuh Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R diatas, tentu sudah menjadi kunci utama untuk memilikinya. Apalagi karakteristik orang Indonesia yang mengingkan sesuatu yang canggih namun harganya terjangkau. Kalau diberi pilihan, saya pribadi akan memilih Suzuki Karimun Wagon R (walau di rumah terparkir Suzuki Ertiga).


Karimun Wagon R : Lebih dari Sekedar Kata Cukup Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

2 komentar:

Jangan Tinggalkan Jejak Kecuali Komentar Anda!