Menulislah, Sebagai Pertanda Kau Pernah Ada...

28 May 2009

3 Suku Penguasa Indonesia


Sejarah membuktikan bahwa indonesia adalah sebuah negara yang besar dengan berbagai suku adat dan agama yang berbeda. salah satu suku terbesar di indonesia adalah jawa yang merupakan basis terdepan di negara ini dengan berdirinya ibukota negara indonesia di pulau tersebut.

Selain suku jawa adapula suku bugis yang mendominasi hampir separuh kepulauan indonesia dengan perdagangan dimana-mana, salah satu bukti besarnya suku bugis yaitu dengan terpilihnya perdana mentri malaysia Mohammad Najib Tun Abdul Razak yang merupakan keturunan raja gowa ke-19 dan di beri gelar I Mappadulung Daeng Mattimung Karaeng Sanrobone.

Dari kedua suku besar tersebut ada sebuah keturunan yang baru yang menjadi komunitas besar di indonesia bahkan di seluruh dunia, yaitu keturunan Tionghoa yang dulunya di kenal dengan kata cina.

Ketiga suku yang ada diatas merupakan suku yang merajai hampir seluruh daratan yang ada di Indonesia. Katakan saja orang jawa, di daerah mana di pelosok indonesia yang tidak terdapat orang jawanya. Orang jawa yang terseber di inonesia adalah pekerja keras dan mengedepankan sikap kegotong royonan.

Prinsip kuat yang menjadikan orang jawa besar adalah "Ngluruk Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake, Sekti Tanpa Aji-Aji, Sugih Tanpa Bandha" (Berjuang tanpa perlu membawa massa; Menang tanpa merendahkan atau mempermalukan; Berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kekuatan; kekayaan atau keturunan; Kaya tanpa didasari kebendaan). prinsip hidup inilah yang selalu dipegang oleh orang jawa hingga mereka kuat walau berada dimanapun.

Suku bugis yang terkenal dengan prinsip "siri na pacce" adalah penguasa perdagangan di indonesia setelah orang tionghoa. prinsip diatas megajarkan perlunya malu untuk orang bugis. malu yang paling kuat maknanya adalah gagal. hal inilah yang menjadikan orang bugis jika merantau akan jarang kembali jikalau belum sukses di rantauan.

Sikap pantang menyerah yang dimilki orang bugis sangat kuat hingga bisa dikenang dan besar bukan hanya di indonesia. sebut saja Syek Jusuf yang merupakan pahlawan nasional yang bergelar ganda, selain pejuang di indonesia beliau juga merupakan penyebar islam di afrika. lain lagi dengan pelayaran phinisi yang merupakan pelayaran pertama orang indonesia dengan menggunakan perahu kayu yang mampu merambah eropa.

Dilain pihak orang tionghoa yang juga besar di indonesia merupakan komunitas yang merajai perdagangan di indonesia. satu hal yang dapat kita petik dari gaya hidup orang chine adalah kerjasama dan kepercayaannya yang kuat. walau mereka bukan keturunan asli indonesia namun mereka juga adalah bagian penting dari negara ini.

Ketiga suku dan keturunan diatas adalah penguasa pasar dan pembangkit ekonomi indonesia, namun bukan berarti suku besar lainnya tidam memberikan komoditas yang berarti bagi indonesia.


3 Suku Penguasa Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous

7 komentar:

  1. Aku Bangga Jadi orang Bugis
    Jangan sungkan mampir di blog ane yah sob!
    http://ahyanarif.com/

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Ayah Jawa, Ibu Banjarmasin Kalimantan Selatan
    Saya jadi suku apa ?

    ReplyDelete
  4. Banyak-banyak baca ya, biar gak nulis kayak gini lagi.

    ReplyDelete
  5. Mungkin perlu juga baca ini: http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Daftar_tokoh_Minangkabau&stable=0&redirect=no

    ReplyDelete
  6. nah orang minang mn cok! pikir lah tai,, bugis apanya hebat? seluruh indonesia pula menguasai ! sejak kapan ada nasi makassar yg ada nasi padang

    ReplyDelete
  7. Artikel yang tak berdasar dan amat sangat kacau sekali. hahahaha

    ReplyDelete

Jangan Tinggalkan Jejak Kecuali Komentar Anda!